Jumat, 03 Oktober 2014

MAJLIS yang BERDZIKIR

Oleh: Agus Mar S Ag

“Tidaklah suatu kaum yang duduk bersama di sebuah majlis kemudian berdzikir kepada Alloh kecuali kumpulan mereka akan dipenuhi para malaikat untuk menumpahkan rahmat kepada mereka dan Alloh pun akan mengingat mereka akan menyebut nama-nama dari mereka kepada orang-orang yang ada didekat-Nya (para malaikat muqorrobin dan para nabi-Nya)” (al-Hadits).

“Dan tidaklah suatu kaum duduk berkumpul bersama di suatu majlis di mana mereka tidak berdizkir kepada Alloh, dan tidak bersholawat atas Nabi, maka tidaklah mereka akan bubar kecuali dengan perasaan menyesal dan di akhirat akan mendapatkan kerugian” (al-Hadits).

Dalam perjalanan saya ke beberapa wilayah kadang dipertemukan dengan kumpulan orang-orang yang rajin-rajin beribadah yang suka bermajlis berdzikir bersama. Dan dalam pandangan saya mereka memiliki wajah-wajah keteduhan, lingkungannya damai jauh dari isu-isu gossip diantara mereka. Mereka orang-orang yang pandai bersukur atas kondisi hidup mereka. Kiranya ini adalah salah satu bukti dari hadist yang disebutkan pertama.

Dan adakalanya penulis juga menemukan kumpulan orang-orang yang rajin mengadakan pertemuan , baik skala RT ataupun di atasnya. Dan mereka adalah orang-orang yang jauh dari ibadah , orang-orang yang suka bersendau gura berlebihan dan jauh dari dzikir kepada Alloh. Lidah mereka kelu bibir mereka berat untuk mengucapkan kalimat-kalimat Thoyyibah. Namun sangat lantang dan keras untuk tertawa terbahak, bahkan sering itu dilakukan di dalam masjid.

Dan kenyataannya dalam perkumpulan mereka sering terjadi saling tuding saling menyalahkan dan pertentangan. Tak ada kedamaian sedikitpun bahkan ketegangan dan kekacauan yang dihasilkan. Gosip selalu menerpa lingkungan mereka, fitnah, adu domba dan mereka dekat secara fisik tetapi hati mereka berjauhan. Kiranya ini juga bukti dari hadist yang disebutkana kedua di atas.

Sebagaimana diketahui minyak tidak akan bisa berkumpul dan bercampur dengan air. Maka jika di lingkungan anda terdapat majlis dzikir ibarat kumpulan orang-orang yang sedang membuat genangan air penuh rahmat dan jika itu semakin kuat dan dilakukan oleh banyak orang maka semakin besar pula pengaruh hawa dingin yang menyebar di sekitarnya. Wallohu a’lam ###

Tidak ada komentar: